...

Keunikan Karpet Di Tiap Negara Dari Yang Tradisional Hingga Modern

Karpet berasal dari Asia Timur dan Asia Barat pada abad 2-3 sebelum masehi (SM). Pazyyrk Carpet merupakan karpet tertua dimana karpet ini ditemukan diserbia pada makam Pazyyrk sekitar abad ke-5 SM. Pada awalnya karpet dibuat dari bulu binatang ataupun serat tumbuhan menggunakan anyaman sederhana. Perkembangan karpet mengalami peningkatan dengan pesat pada masa Kekaisaran Persia atau yang sekarang dikenal sebagai Iran. Seiring berkembangnya zaman karpet mulai hadir dengan berbagai motif dan desain, sekarang karpet sudah bias didapatkan dengan mudah.

Inilah beberapa Karpet di Setiap Negara mulai dari yang tradisonal hingga modern :

Karpet Tradisional Iran (Pazirik)

Karpet pazirik atau biasanya disebut permadani pazirik ini ditemukan pada abad sekitar 3-4 sebelum masehi (SM). Karpet Pazirik merupakan karpet yang paling tua yang masih ada sampai saat ini, dimana karpet ini ditemukan dimakam seorang bangsawan skit pada tahun 1949, di lembah kering Bolshoy penggunungan Altai Kazakhstan. Walaupun sebagian orang meyakini karpet ini berasal dari Serbia namun karpet ini merupakan salah satu karpet tradisional Persia (Iran). Ciri khusus dari karpet ini adalah memiliki desaian yang rumit, kaya akan motif, dan biasanya terinspirasi oleh alam dengan gambar tanaman,ataupun hewan.Karpet Pazirik merupakan salah satu bukti keahlian dan keindahan seni dari masa lampau.

Karpet Modern Iran (Kontemporer)

Karpet Iran Telah menjadi symbol keindahan, keunggulan dan kehalusan. Dalam era modern, para pengraajin karpet Iran telah berhasil menggabungkan elemen tradisonal dengan desain yang inovatif mampu menciptakan karpet yang memancarakan pesona klasik dan keanggunan kontemporer. Meskipun Karpet Iran Kontemporer tampak lebih modern dalam desainya, namun teknik pembuatanya sering kali menggunakan teknik tradisonal.

Karpet Tradisonal Turki (Holbein)

Karpet Holbein merupakan salah satu karpet atau permadani tradisonal asal turki, karpet ini diberi nama Holbein berdasarkan oleh lukisan yang diciptakan oleh Hans Holbein dalam lukisan pada abad ke-15 samapai abad ke-17. Holbein sangat dikenal karena desain geometrisnya yang kuat dan motif bunganya yang khas. Karpet Holbein terbuat dari bulu wol berkualitas tinggi. Karpet ini sering digunakan sebagai hiasan dinding atau lantai rumah orang Eropa selama berabad-abad.

Permadani Turkmenistan

Turkmenistan adalah sebuah Negara di Asia Tengah. Permadani ini juga biasa disebut dengan nama permadani Turkmen, Permadani ini menggabungkan warisan seni rupa dari Turkmen, pengaruh islam, serta pertukaran budaya antar bangsa. Salah satu ciri yang khas dari permadani ini adalah kekayaan dari motif dan warnanya. Motif geometris yang kompleks seperti motif Bunga (guls) dan elemen alam. Setiap motif dan warna memiliki makna simbolis seperti, keberuntungan, kesuburan, dan perlindungan roh jahat.

Permadani Tiongkok (Kesi)

Permadani Kesi Tiongkok, sebuah seni rupa kuno yang memukau, mampu memperlihatkan keindahan dan keanggunan warisan budaya Tiongkok. Kesi yang berarti “potongan sutra”, Permadani ini merupakan salah satu bentuk seni tekstil paling anggun dan eksklusif di Tiongkok. Keberadaanya berasal dari Dinasti Tang (618-907 M), namun puncak pengembanganya terjadi pada masa Dinasti Song (960-1279) M. Di zaman itu permadani Kesi dianggap sebgai barang mewah yang terbatas karena kelangkaanya dan hanya dimiliki oleh kaum bangsawan.

Karpet Modern cina (Karpet Oriental Cina)

Dengan perpaduan yang unik antara desain tradisona dan estetika kontemporer, karpet oriental cina modern menawarkan khas bdan warisan budaya mereka seperti, motif naga, burung feniks, dan pola alam namun dengan sentuhan yang lebih segarb dan kontemporer. Karpet oriental modern cina menawarkan desain yang fleksibilitas hal ini memungkinkan karpet ini serasi kedalam berbagai jenis ruang dan gaya dekorasi.

Karpet Indonesia (Klasa)

Ternyata Indonesia juga memiliki karpet tradisonal loh , yang biasanya disebut sebagai klasa,tikar,samak,ataupun kloso pandan. Tikar ini biasanya terbuat dari daun pandan hutan, mendong atau anyaman bambu. Di beberapa daerah tikar ini masih dibuat secara tradisional yang turun temurun dari nenek moyang. Setiap daerah memiliki keunikan dan ciri khas pada motif nya untuk membedakannya satu sama lain. Tikar ini biasa digunakan untuk duduk maupun alas tempat tidur, selain itu tikar juga biasa digunakan untuk upacara adat seperti perkawainan maupun keagamaan. Keindahan tikar ini juga tidak hanya terletak pada desain dan motifnya, tetapi juga pada nilai-nilai budaya dan keterampilan didalamya.

Karpet Modern Desain Minimalis, Eropa

Karpet modern dengan desain minimalis Eropa menawarkan kombinasi yang sempurna antara fungsionalitas, gaya dan keanggunan. Dengan fokus pada garis yang bersih warna yang netral akan menciptakan kesan yang mewah. Karpet modern dengan desain ini memperkuat estetika dengan motif sederhana namun menarik dan tekstur yang halus. Ciri khas karpet modern minimalis Modern dari Eropa, menggunakan warna yang netral, motif nya yang sederhana, dan tekstur nya yang sangat halus.

Karpet India Modern (Karpet Jamawar)

Karpet jamawar awalnya digunakan untuk bahan kain pakaian, namun karena desaian nya yang rumit dan mewah menjadikan bahan kain ini sebagai karpet. Karpet jamawar diporoduksi melalui tenun tekun yang rumit . Para pengrajin tradisional dan keterampilan tangan yang luar biasa untuk menciptakan desain yang indah dan presesi yang menawan.Karpet jamawar membawa cerita tentang warisan dan keterampilan yang telah diturunkan dari generasi ke generasi. Selain desainya yang rumit karpet jamawar juga menggunakan bahan yang mewah seperti sutra, wol, dan bahkan emas ataupun perak. Selain itu warna-warna dari karpet ini sangat mencolok dan itulah yang menjadi ciri khas karpet jamawar.

Karpet Tradisonal Jepang (Tatami)

Karpet Tatami, merupakan sebuah perpaduan antara keindahan tradisional jepang dan kenyamana modern. Karpet tatami berasal dari tradisi jepang kuno. Tatami adalah alas lantai yang terbuat dari anyaman bambu maupun anyaman jerami yang diletakan diatas lantai kayu. Biasanya digunakan sebagai alas tempat duduk orang jepang (washitsu). Tatami biasnya memiliki pola anyaman yangb khas serta memberikan kesan tekstur alami yang menenangkan.

Related Post

Open chat
Halo!
Silahkan Hubungi Kami Lewat Sini Ya!
Seraphinite AcceleratorBannerText_Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.